RESUME PERTEMUAN KEDUA
COLLABORATION
Untuk pertemuan kedua ini kita membahas tentang colaborasi antara dokumen yang original dengan dokumen yang sudah direvisi. Dan dalam kolaborasi ini kita akan membandingkan dan menggabungkan dokumen. Apabila dokumen yang sudah kita buat ingin tidak di copy atau di contoh oleh orang lain maka kita bisa memberikan kunci supaya tidak bisa di copy oleh orang lain.
Okai tidak usah bertele-tele lagi saya akan memberikan langkah-langkahnya.
I. Langkah untuk Collaboration antara Compare vs Combine
1. Kita buka terlebih dahulu file yang akan kita combine atau compare.
Lalu jangan lupa untuk aktfkan “track change”
Compare : merupakan aplikasi Word yang dapat kita gunakan untuk membandingkan dua buah dokumen hingga kita dapat melihat perbedaan dari kedua dokumen tersebut.
Combine : merupakan aplikasi word yang dapat kita gunakan untuk menggabungkan dua buah dokumen hingga kita dapat melihat hasilnya.
2. Click C Review C Pilih Compare or Combine
3. Setelah dipilih Compare atau Combine akan muncul perintah compare dokumen yang asli dengan dokumen yang direvisi.
Original document diisikan dengan dokumen asli yang belum di revisi.
Revised dokumen diisikan dengan dokumen yang sudah kita rubah.
4. Apabila Original document dengan Revised document sudah diisikan sesuai dengan data maka tekan Ok untuk melihat hasilnya.
Ketika muncul perintah Continue with Comparision?
Maka pilih yes, karena data tersebut akan berpindah ke dalam dokumen baru.
5. Hasil Antara Compare dengan Combine
Hasil Compare
Hasil Combine
Kembali lagi pada bagian Compared Document. Cobalah untuk menempatkan kursor pada reviewing pane di sebelah kiri dengan kata “Kelompok” dan Word akan menampilkan informasi perubahan apa yang telah dilakukan pada kata tersebut berikut dengan waktu saat perubahan tersebut dilakukan.
Perubahan tersebut dapat kita setujui atau kita tolak, caranya
Click C Kanan mouse C pilih Accept Change or Reject Change untuk menolak perubahan tersebut.
Jika kita ingin menyetujui semua perubahan, yaitu perubahan berdasarkan dokumen
yang kedua (file Dokumen-2), klik tombol Accept pada group Changes lalu pilih Accept All
Changes in Document
II. Langkah Kedua untuk memproteksi dokumen kita :
1. Click C Review C Pilih Protect Dokumen C Pilih Restrict formatting and editing
2. Apabila kita ingin memproteksi dari dokumen supaya tidak di copy langkahnya adalah :
- Untuk Formating restriction supaya tidak diedit-edit maka kita akan pilih setting
C Pilih centang Block theme or scheme switching C Pilih Block Quick Style Set Switching. Lalu tekan Ok.
- Jangan Lupa kita centang Limit formatting to selection of setting, selanjutnya tekan yes start enforcing protection. Maka kita akan disuruh mengisikan password supaya apabila menggunakan user computer lain maka orang lain tidak akan bisa mengcopy file kita.
III. Di dalam dokumen apabila kita ingin memberikan tanda tangan langkah-langkahnya berikut ini :
1. Click Insert C Text C Pilih Signature Line C Pilih Microsoft office signature line
Program file C Pilih Microsoft Office C Pilih Microsoft Tools C Pilih Digital certificate for VBA project
3. Setelah membuat certificate, maka kita akan bisa membuat signature line C Microsoft office signature line C Pilih Ok
4. Setelah semua sudah terisi maka dengan lengkap maka kita akan tekan OK. Maka hasilnya akan seperti ini
NB :
Apabila signature linenya invalid maka kita akan double click tanda tangan, lalu tekan OK dan kita akan click invalid signature.
Sudah lumayan..ditingkatkan lagi untuk selanjutnya...
BalasHapus